Masjid Al- Azhom di Tangerang Mempunyai Kubah Terbanyak Di Dunia

Masjid Al- Azhom di Tangerang Mempunyai Kubah Terbanyak Di Dunia

Masjid Raya Al- Azhom diklaim mempunyai satu kubah berdimensi raksasa terbanyak di bumi ditambah 4 anak kubah yang tidak takluk besar.

Masjid Raya Al- Azhom berada di area Pusat Rezim Kota Tangerang.

Masjid itu ialah masjid terbanyak serta termegah di Kota Tangerang dikala ini dengan didominasi masyarakat biru.

Dari informasi yang dikumpulkan TribunJakarta. com, penaruhan batu awal dicoba pada bertepatan pada 7 Juli 1997 oleh Orang tua Kota Tangerang, Djakaria Machmud.

Masjid itu setelah itu ditetapkan oleh Orang tua Kota Tangerang, Moch Thmarin pada 23 April 2003.

Satu dari sebagian karakteristik yang dipunyai Masjid Raya Al- Azhom merupakan, walaupun mempunyai gedung dengan 5 kubah berdimensi raksasa, masjid itu tidak mempunyai pilar cagak satu juga.

Aparat Bagian Administrasi serta Perijinan Masjid Raya Al- Azhom, Asrofi H Yusuf menerangkan, bentuk kubah benih di tengah ditopang oleh 4 kubah anak berupa separuh bundaran di bawahnya alhasil lumayan kokoh memapah kubah benih.

” Kubah masjid tanpa cagak dengan garis tengah 63 m ini ialah yang terbanyak di bumi,” tutur Yusuf dikala ditemukan di Masjid Raya Al- Azhom di Tangerang, Kamis( 14 atau 6 atau 2018).

Yusuf menarangkan, 5 kubah raksasa itu merupakan menandakan 5 damai Islam serta pula menandakan doa 5 durasi yang ialah peranan dari pemeluk Islam.

” Semenjak ditetapkan, 5 kubah besar Masjid Raya Al- Azhom saat ini jadi salah satu Landmark di Kota Tangerang,” ucap Yusuf.

Bagi Yusuf, Masjid Raya Al- Azhom berdiri diatas tanah seluas 2, 25 hektar, dengan besar gedung menggapai 5. 775 m persegi.

Masjid bercorak biru itu juga dilengkapi dengan zona parkir seluas 14 ribu m persegi.

Ada pula, nyata Yusuf, besar masjid yang menggapai 30 m itu menandakan jumpah 30 bab yang tercantum dalam buku bersih Alquran.

” Kemudian besar kuncup tower yang menggapai 6 m pula menandakan jumlah damai kepercayaan Islam yang berjumlah 6,” tutur Yusuf.

Dari amatan TribunJakarta. com di posisi, kubah raksasa bercorak coklat itu terpajang catatan kaligrafi mengitari kubah itu.

Nyatanya 4 anak kunah bertuliskan kalografi itu ialah ayat- ayat Alquran, di antara lain pada bagian kubah Barat bertuliskan Pesan An Nur bagian 35, Angkatan laut(AL) Baqarah bagian 255, serta Angkatan laut(AL) Baqarah bagian 284- 285. Kubah Selatan bertuliskan Pesan At Taubah bagian 105, An Nahl bagian 97, Ali Imron bagian 112, An Nisa bagian 32, serta Angkatan laut(AL) Anam bagian 132- 133.

Setelah itu, lanjut Yusuf, buat kubah Timur bertuliskan Pesan Angkatan laut(AL) Bayinah bagian 5, serta Ar Rum bagian 30- 33. Dan kubah utara bertuliskan Pesan Angkatan laut(AL) Anbiya bagian 107, Angkatan laut(AL) Fath bagian 29, serta Lukman bagian 17- 18.

Ayat- ayat itu disusun dengan cara 3 baris sedangkan dibawahnya pada baris keempat di tiap- tiap kubah bertuliskan Asmaul Husna ataupun 99 julukan Allah SWT.

Published
Categorized as masjid

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *